Sejarah Singkat

Admin | Selasa, 17 Januari 2017 - 07:30:33 WIB | dibaca: 2144 pembaca

Sekolah Dasar Terpadu “PUTRA HARAPAN” adalah salah satu lembaga pendidikan formal yang berada dibawah naungan Yayasan Islam Al Mu’thie. Awal berdirinya Sekolah Dasar ini adalah diawali dari sebuah tekad sekaligus tanggungjawab sebagai seorang yang mengaku sebagai umat islam, Ibu Dra. Sumihati beserta kawan-kawan yang lainnya mendirikan sebuah TPAbernama Ulumul Qur’an yang berdiri pada tahun 1991 sebagai wadah mereka untuk mengajarkan anak-anak mengenai ajaran agama islam di lingkungan sekitar rumah Ibu Dra. Sumihati. Perkembangan TPA yang dibentuk oleh ibu Dra. Sumihati beserta kawan-kawannya berkembang dengan baik karena mendapat respons yang positif dari masyarakat sekitarnya.

Perkembangan yang positif dari lembaga pendidikan yang tampak dari banyaknya anak-anak yang berminat belajar ditempat tersebut. Gayung bersambut, sambutan masyarakat yang bagus akan kinerja lembaga tersebut membuat para orang tua santri memberikan inisiatif agar ibu Dra. Sumihati mendirikan sekolah formal bagi kelanjutan pendidikan agama anak-anak mereka.

Inisiatif ataupun usulan dari para wali santri tersebut direspon secara positif oleh pihak pengurus lembaga tersebut (TPA). Kemudian dibuatlah proposal untuk mendirikan SD pada tahun 2002 bekerjasama dengan wali murid (Dewan Wali Murid TK) bekerjasama dengan Yayasan Islam Al Mu’thie membentuk badan pendiri Yayasan yang panitianya seluruh dari orang tua santri, hanya saja sarana dan prasarana dari yayasan. Dari pertemuan tersebut terbentuklah Sekolah Dasar Terpadu “PUTRA HARAPAN” dengan status masih diproses oleh pihak Departemen Pendidikan nasional.

Kemudian pada tahun 2006 dan Kepala Dinas Pendidikan Nasional mengeluarkan Surat Keputusan tentang ijin Mendirikan dan Menyelenggarakan Sekolah Dasar Terpadu “PUTRA HARAPAN” di Bantarsoka kecamatan Purwokerto Barat.

Alhamdulillah dengan berjalannya waktu dan memasuki usia yang ke 13 SD Terpadu “PUTRA HARAPAN” tetap eksis dan dipercaya oleh masyarakat untuk ikut memberikan kontribusi kepada Pendidikan di Indonesia untuk menjadikan anak-anak yang cerdas, sholeh dan sholehah.